Selamat datang di Pengadilan Negeri Bontang Kelas II. website ini dilengkapi akses difabel. silahkan anda blok tulisan dan klik kanan untuk mendengarkan   Click to listen highlighted text! Selamat datang di Pengadilan Negeri Bontang Kelas II. website ini dilengkapi akses difabel. silahkan anda blok tulisan dan klik kanan untuk mendengarkan Powered By GSpeech

Artikel/Opini

ASAL-USUL ASAS LEGALITAS DALAM HUKUM PIDANA

Oleh

Muhamad Ridwan, S.H.

Hakim Pengadilan Negeri Bontang Kelas II

 

arti ungkapan itu adalah “Hukum itu tertinggal dari peristiwanya”, hal ini dikarenakan untuk merubah hukum harus melalui prosedur dan tidak dapat dilakukan setiap waktu. Dalam hukum pidana penciptaan asas legalitas pada tahun 1801 oleh Paul Joahan Von Feuerbach mengandung arti yang sangat mendalam yang dikembangkan menjadi adagium nullum delictum, nulla poena sine praevia legi poenali.

IMPLIKASI REFORMASI BIROKRASI PADA BADAN PERADILAN DAN PROFESI HAKIM

Oleh

Muhamad Ridwan, S.H.

Hakim Pengadilan Negeri Bontang Kelas II

Reformasi birokrasi yang dilakukan Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada di bawahnya bukan lagi sekedar tuntutan dari segenap elemen masyarakat dalam mencari keadilan. Harapan yang diinginkan adalah agar birokrasi dan terutama aparatur dapat berkualitas lebih baik lagi. Reformasi birokrasi kini benar-benar menjadi kebutuhan bagi para aparatur pemerintahan.

Legalitas Norma Pidana dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, Pasca Putusan MK Nomor 91/PUU-XVIII/2020

Oleh

Muhamad Ridwan, S.H.

Hakim Pengadilan Negeri Bontang Kelas II

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang disahkan oleh pemerintah pada tanggal 2 November 2020 masih menimbulkan kontroversi terkait hukum ketatanegaraan maupun dimensi hukum lain yang terkait, 1 (satu) tahun setelah disahkan Mahkamah Konstitusi mendapat banyak permohonan pengujian materiil maupun formil dari undang-undang tersebut.

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech